Bacaan Doa Niat Dan Cara-cara Sholat Jenazah

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Niat Dan Cara-cara Sholat Jenazah - Sholat jenazah ialah sholat yang di fardukan oleh rosul, namun fardunya adalah fardhu kifayah, karna pembagian fardhu itu terbagi menjadi dua :
1. Fardhu aen yaitu fardhu yang di wajibkan kepada setiap orang yang mempunyai balig dan berakal Contonya wajib sholat lima waktu, puasa romdhon, zakat, munggahhaji.
2. Fardhu kifayah yaitu fardhu yang di wajibkan kepada setiap orang namun kalou ada sebagian orang yang mengerjakan fardhu tersebut maka orang yang tidak mengerjakan tidak akan di siksa dikarnakan ada sebagian yang mengerjakan fardu tersebut.Contohnya seperti mengurus jenazah,menuntut ilmu selain yang tiga (ilmu tauhid,ilmu pikih,ilmu tasaup)aa

Adapun tatacara tentang sholat jenajah
1. Niat takbirotul ikhrom
2. Bertakbir sebanyak 4 kali
    a. Bacaan sesudah takbir yang pertama yaitu membaca surat fatihah dengan sempurna.
    b. Bacaan sesudah takbir yang ke dua yaitu membaca sholawat. Adapun sholawatnya  
        allohuma solli ala saidina muhammad wa'ala alihi saidina muhamad itu paling sedikit.
    c. Bacaan sesudah takbir ke tiga yaitu membaca do'a yang di khususkan kepada mayit, mayitny bisa satu laki,satu perempuan bisa dua laki laki,atau bisa banyak laki dan perempuan. Yang di rubahnya hanya rujukan dhomir kepada mayit nyah. adapun do'anya sebagai berikut ;

Bacaan Doa Niat Dan Cara-cara Sholat Jenazah

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ. اَللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرَنَا وَكَبِيْرَنَا وَذَكَرِنَا وَاُنْثَانَا. اَللهُمَّ مَنْ اَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَاَحْيِهِ عَلَى اْلاِسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلاِيْمَانِ. اَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَتُضِلَّنَا بَعْدَهُ بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

ALLAAHUMMAGHFIRLAHU WARHAMHU WA'AAFIHII WA'FU ANHU WA AKRIM NUZU LAHU WA WASSI' MADKHOLAHU WAGHSILHU BILMAAI WATS-TSALJI WALBARODI WANAQQIHI MINAL KHOTHOOYAA KAMAA YUNAQQOTS TSAUBUL ABYADHU MINADDANASI WA ABDILHU DAARON KHOIRON MIN DAARIHI WA AHLAN KHOIRON MIN AHLIHI WAZAUJAN KHOIRON MIN ZAOJIHI WA ADKHILHULJANNATA WA 'AIDZHU MIN 'ADZAABILQOBRI WAFITNATIHI WAMIN 'ADZAABINNAARI. ALLOOHUMMAGHFIR LIHAYYINAA WAMAYYITINAA WASYAAHIDINAA WAGHOOIBINAA WASHOGHIIRONAA WAKABIIRONAA WADZAKARINAA WAUNTSAANA. ALLOOHUMMA MAN AHYAITAHU MINNAA FA AHYIHI 'ALAL ISLAAMI WAMAN TAWAFFAITAHU MINNAA FATAWAFFAHU 'ALAL IIMAANI. ALLOOHUMMA LAA TAHRIMNAA AJROHU WALAA TUDHILLANAA BA'DAHU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIINA. WALHAMDU LILLAAHI ROBBIL 'AALAMIINA.

Artinya :
Wahai Allah, ampunilahrahmatailah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka. Wahai Allah berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil-kecil kami yang dewasa, kami yang pria maupun wanita. Wahai Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman. Wahai Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

    d. bacaan setelah takbir ke empat yaitu do'a yang dikhususkan kepada mayit. Adapun mayitnya bisa laki-laki atau perempuan yang di rubahnya hanya dhomir ahir tersebut ;
Di dalam sholat jenazah beda dengan solat lainnya yaitu sholat jenajah tidak ada ruku dan sujudnya. 
 kenapa sholat jenajah tidak ada ruku dan tidak ada sujudan karena supaya bisa membedakan antara solat sediri dan menyolatan .

Advertisement